Tips Menggunakan Percakapan Rahasia Messenger FB Bebas Sadap

Menjalankan percakapan rahasia tidak hanya bisa dilakukan di Telegram, tetapi juga di aplikasi Messenger milik Facebook. Tips menggunakan percakapan rahasia Messenger juga bisa diterapkan dengan mudah, sehingga Anda bisa memulainya kapan saja.

Metode ini sangat penting mengingat sekarang ada banyak cara sadap FB yang bisa dilakukan oleh orang lain. Dalam berkomunikasi sendiri terkadang dibutuhkan media yang benar-benar aman, dan dapat mencegah orang lain mengetahui informasi yang disampaikan. Jika saat ini Anda sedang menggunakan Messenger dan ingin memulai percakapan rahasia, silakan simak ulasan berikut ini:

Apa Itu Percakapan Rahasia pada Messenger FB?

Percakapan rahasia adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh Messenger untuk memberikan keamanan pada penggunanya saat berkomunikasi. Sama seperti Whatsapp, Messenger juga sudah mendukung enkripsi End-to-end.

Enkripsi End-to-end sendiri akan membuat percakapan yang dilakukan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima pesan. Pihak Facebook sebagai pihak provider pun tidak bisa mengetahui isi dari percakapan yang dilakukan. Dengan begitu, tingkat kerahasiaannya akan terjaga.

Selain itu, percakapan rahasia di Messenger juga dapat mengatur durasi percakapan akan berlangsung. Nantinya, jika durasi percakapan sudah habis, maka semua isi percakapan tersebut akan terhapus secara otomatis. Anda juga tidak dapat meneruskan (forward) isi pesan di dalamnya.

Baca juga : Download Background Eraser Pro Mod Apk

Tips Menggunakan Percakapan Rahasia Messenger FB Bebas Sadap

Meskipun sebenarnya berkomunikasi di Messenger sudah terhitung aman, tetapi menggunakan mode percakapan rahasia akan menambah tingkat keamanannya. Untuk bisa memulai jenis percakapan ini, silakan lakukan beberapa langkah berikut:

Install Aplikasi Messenger FB

Pertama, Anda harus menginstal aplikasi Messenger di smartphone terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di PlayStore maupun AppStore.

Anda tidak akan bisa berbalas pesan atau menggunakan Messenger hanya dengan menginstal aplikasi Facebook saja, lantaran keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Messenger akan terlihat di sisi kanan bawah beranda.

Aktifkan Percakapan Rahasia

Setelah aplikasi Messenger FB sudah terinstal di smartphone, silakan Masuk/Login ke akun Facebook Anda. Setelah itu, klik foto profil agar bisa mengakses menu di dalamnya. Setelah beberapa pilihan menu muncul langsung saja pilih opsi Secret Conversation.

Setelah itu, akan muncul konfirmasi penggunaan fitur percakapan rahasia. Langsung saja pilih Turn On untuk memulai percakapan rahasia di Messenger.

Mulai Percakapan Baru

Sampai di tahap ini Anda sudah bisa memulai percakapan rahasia dengan orang lain di Messenger FB. Cek cara-caranya berikut ini agar lebih jelas:

  • Mulai percakapan baru dengan klik ikon pensil yang ada di sisi kanan atas layar.
  • Setelah itu, Anda akan berada di halaman New Message. Di sini Anda akan melihat tombol slider dengan simbol gembok. Silakan klik ikon tersebut untuk memulai percakapan rahasia.
  • Jika sudah, Anda tinggal mencari seseorang untuk memulai percakapan rahasia. Pada kolom pencarian, silakan isi dengan nama teman yang Anda inginkan. Selanjutnya, akan ada beberapa nama yang mungkin muncul. Silakan klik pada akun yang dimaksud.
  • Secara otomatis, Anda akan diarahkan menuju halaman percakapan rahasia. Di sini Anda bisa memulai obrolan seperti biasanya, namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur forward tidak bisa dilakukan.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa memulai percakapan rahasia dari ruang obrolan biasa, caranya:

  • Buka salah satu obrolan Anda dengan teman yang ada di Facebook.
  • Di bagian kanan atas terdapat ikon huruf i. Klik ikon tersebut, lalu pilih Go to Secret Conversation.
  • Setelah itu, Anda akan dibawa masuk ke ruang obrolan baru, yaitu percakapan rahasia. Silakan tulis pesan yang ingin Anda kirimkan secara rahasia ke teman Anda.

Atur Durasi Percakapan

Biasanya, orang akan membiarkan halaman percakapannya tetap ada untuk waktu yang lama. Jika itu pesan rahasia, tentu saja dapat memperbesar peluang orang lain untuk mengetahuinya. Maka dari itu, percakapan rahasia di Messenger FB memberi opsi untuk mengatur durasi percakapan.

Untuk melakukannya, Anda bisa klik ikon jam yang ada di bagian bawah dekat emoji. Pilihan durasi yang bisa dipilih juga cukup beragam, mulai dari 5 detik hingga satu hari. Silakan pilih sesuai dengan keinginan Anda.

Tutup Percakapan

Jika Anda ingin segera mengakhiri pesan rahasia tanpa perlu mengatur durasi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Buka salah satu halaman percakapan rahasia yang Anda miliki.
  • Klik ikon huruf i di sudut kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih Delete Conversation.
  • Silakan konfirmasi dengan klik DELETE.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Percakapan Rahasia Messenger

Hadirnya fitur percakapan rahasia di Messenger FB tentu saja membuat penggunanya merasa aman tiap kali ingin mengirimkan pesan yang bersifat rahasia ke orang lain. Tidak hanya kelebihan saja, fitur ini juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

Kelebihan Percakapan Rahasia Messenger

  • Mendukung enkripsi End-to-End yang menjamin pesan di dalamnya hanya bisa dibaca oleh pihak pengirim dan penerima pesan saja. Facebook sebagai provider juga tidak dapat membaca isi percakapan.
  • Panggilan audio dan video lebih aman dari penyadapan.
  • Bisa mengatur durasi percakapan.
  • Pesan yang dikirim tidak bisa di-forward ke orang lain.

Kekurangan Percakapan Rahasia Messenger

  • Masih memungkinkan untuk screenshot isi percakapan di dalamnya.
  • Meski tidak bisa di-forward, pesan masih bisa di-copy.
  • Pesan hanya bisa dibaca oleh 2 perangkat yang saling terhubung. Jika salah satu akun mengganti perangkatnya, maka isi pesan tidak bisa dibaca di perangkat yang baru.

Tips Menggunakan percakapan rahasia Messenger FB di atas dapat Anda terapkan ketika ingin mengirimkan pesan rahasia ke orang lain. Biasanya isi percakapan ini terkait tentang nomor identitas, PIN, atau hal-hal yang berkaitan tentang pekerjaan yang bersifat rahasia.

error: Content is protected !!