Politk Luar Negeri Bebas Aktif Negara Indonesia

Tujuan dalam HubunganLuar Negeri Indonesia

Kebjiakan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif secara umum memiliki beberapa kebijakan. Adapun kebijakan politik yang diambil, di antaranya yaitu:

  1. pemulihan citra Indonesia di mata masyarakatinternasional;
  2. pemulihan ekonomi nasional dan kesejahteraanumum;
  3. pemeliharaan keutuhan wilayah nasional, persatuanbangsa, serta stabilitas nasional, serta mencegahterjadinya perpecahan bangsa;
  4. peningkatan hubungan bilateral dengan mem prioritaskan negara-negara yang dapat membantu percepatanpemulihan ekonomi, perdagangan, penanaman modaldan pariwisata;
  5. memajukan kerja sama internasional dalam rangkapemeliharaan perdamaian dunia;
  6. pembentukan satu masyarakat yang adil dan makmurmaterial dan spiritual dalam wadah Negara KesatuanRepublik Indonesia (NKRI).

Adapun yang menjadi tujuan diselenggarakannya politik luar negeri bebas aktif Indonesia dapat dilihat dari hal berikut.

  1. Dalam lingkup nasional, politik luar negeri Indonesiatetap ditujukan untuk menjaga keutuhan wilayahnasional, persatuan bangsa serta stabilitas nasionaldalam menghadapi permasalahan di dalam negeri.Politik luar negeri Indonesia juga perlu terus diabdikanuntuk menunjang kesejahteraan umum dan pemulihanekonomi nasional.
  2. Dalam lingkup hubungan antardua negara, Indonesiaberupaya untuk memantapkan dan meningkatkanhubungan bilateral dengan negara-negara sahabatdengan terus mempelajari kemungkinan pembinaanhubungan bilateral dengan negara-negara yang dinilaiberpotensi membantu upaya pencapaian kepentingannasional Indonesia. Indonesia juga akan terusmengupayakan kehidupan politik bertetangga baikdengan negara-negara yang secara geografis berbatasanlangsung, namun tentunya dengan tetap didasarkanpada prinsip kesejahteraan dan saling menghormati.
  3. Dalam lingkup wilayah, Indonesia sangat mendukungpemulihan perekonomian Asia Tenggara dan akanberpartisipasi aktif dalam berbagai langkah ASEANdan tetap memainkan kepemimpinan di ASEAN sertamenjaga kekompakan sesama ASEAN. Dalam 40tahun terakhir, Indonesia telah memainkan perananpentingdalam membangun ASEAN dan membinatatanan kawasan.
  4. Dalam lingkup dunia, Indonesia tetap menaruh harapanbesar pada PBB dan tetap meyakini keabsahan institusiini. PBB adalah satu-satunya lembaga internasionalyang paling mampu dalam mengambilkeputusankeputusan penting yang bersifat mendunia, dengancatatan terus dilaksanakannya program-programPBB hingga tercapainya suatu keadaan yang benarbenar dapat menampung harapan seluruh negaraanggotanya.

Peranan Indonesiadalam Politik LuarNegeri Bebas Aktif

Dalam rangka menciptakan perdamaian dunia yang abadi, adil, dan sejahtera, negara Indonesia harus tetap melaksanakan politik luar negeri yang bebas dan aktif.

  1. Bebas, artinya Indonesia bebas menentukan sikap danpandangan terhadap masalah-masalah internasional danterlepas dari ikatan kekuatan-kekuatan raksasa duniayang secara pandangan atau pemikiran bertentangan.
  2. Aktif, artinya Indonesia dalam politik luar negeri senantiasaaktif memperjuangkan terbinanya perdamaian dunia.Aktif memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan,aktif memperjuangkan ketertiban dunia, dan aktif ikutserta menciptakan keadilan sosial dunia.

Perwujudan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, dapat dilihat pada contoh berikut.

  1. Penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika pada 1955yang melahirkan semangat dan solidaritas negara-negara Asia-Afrika yang kemudian melahirkanDeklarasi Bandung.
  2. Keaktifan Indonesia sebagai salah satu negarapendiri Gerakan Non-Blok pada 1961 yang berusahamembantu dunia internasional untuk meredakanketegangan Perang Dingin antara blok Barat dan blokTimur.
  3. Indonesia juga aktif di dalam merintis danmengembangkan organisasi di kawasan Asia Tenggara(ASEAN).
  4. Ikut aktif membantu penyelesaian konflik Kamboja,perang saudara di Bosnia, pertikaian dan konflik antarapemerintah Filipina dan bangsa Moro, serta turutberpartisipasi dalam meredakan konflik di Lebanon.

Keikutsertaan Indonesia dalam misi perdamaian internasional telah menempatkan posisi Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki peranan yang strategis dalam dunia internasional. Kondisi ini semakin dipertegas lagi dengan masuknya Indonesia dalam keanggotaan tidak tetap Dewan Keamanan PBB yang merupakan lembaga internasional di bawah naungan PBB yang bergerak dalam masalah perdamaian internasional.

Peranan penting Indonesia saat ini harus dapat dilanjutkan oleh seluruh generasi penerus bangsa, oleh karena itu masa depan dan kemajuan bangsa terletak di pundak generasi penerusnya.

error: Content is protected !!