Pembagian Benua dan Letak Benua

Pembagian Benua di Bumi

Daratan dan lautan membentuk permukaan bumi. Daratan yang luas disebut dengan benua. Lautan yang luas disebut dengan samudra. Benua dikelilingi oleh samudra. Benua-benua yang ada memiliki ciri yang berbeda-beda. Benua terbagi menjadi banyak kawasan dan negara. Hanya Benua Antartika yang tidak memiliki negara.

Bumi terdiri atas tujuh daratan luas atau benua. Benua yang satu dengan yang lain umumnya dipisahkan oleh samudra. Ketujuh benua itu adalah Benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, dan Antartika.

Apabila kita mengamati peta dunia, dua pertiga wilayah benua terbentang di belahan bumi utara. Seluruh benua dihuni manusia, kecuali Benua Antartika. Luas benua-benua di bumi dapat kamu ketahui pada tabel berikut.

Luas benua-benua di bumi

Luas semua benua adalah 147.553.000 km2 atau 34% dari luas permukaan bumi. Luas permukaan bumi adalah 510.065.000 km2.

 

Letak dan Batas Benua

Pada peta dunia tampak benua-benua letaknya tersebar. Benua Asia dan Eropa tergabung menjadi satu. Kedua wilayah dibatasi oleh Pegunungan Ural. Selain dipisahkan oleh batas alam, kedua wilayah berbeda secara budaya dan sejarah. Benua Asia berdekatan dengan Benua Afrika.

Letak benua dilihat dari posisi geografis dan wilayah sekitarnya. Letak benua berkaitan dengan batas wilayah benua. Kamu dapat mengetahui posisi geografis dan batas Benua Asia dan benua lain pada tabel berikut.

Posisi geografis dan batas Benua

error: Content is protected !!