Mengenali Takaran Susu Yang Tepat Untuk Bayi Sesuai Usia

Mengenali Takaran Susu Yang Tepat Untuk Bayi Sesuai Usia

ASI merupakan asupan utama untuk bayi hingga usia bayi memasuki 2 tahun. Tetapi ada beberapa ibu yang saat melahirkan anak, tetap mengeluarkan sedikit ASI. Walaupun sudah menggunakan cara popping namun tetap sedikit yang dihasilkan. Alhasil menggunakan susu formula.

Susu formula ini pun sudah mendapatkan izin dari pihak World Health Organization (WHO) untuk alasan kebutuhan bayi dan untuk kebutuhan medis. Namun ada aturan dalam menakar susu bayi sesuai dengan usia. Berikut ini takaran yang tepatnya:

1. Minggu Pertama

Untuk awal menyusu, berikan bayi tersebut susu sekitar 60 sampai 90 ml banyaknya. Karena bayi umur minggu pertama, lambungnya masih belum menerima banyak susu.

2. Usia 1 Bulan

Nah, ketika bayi sudah memasuki usia 1 bulan sudah berbeda takarannya. Takaran susu bayi 1 bulan diberikan sebanyak 75 sampai 120 ml. Dengan pemberian jadwal empat jam sekali.

3. Usia 2-6 Bulan

Pada usia 2-6 bulan ini takaran susu yang dibutuhkan bayi adalah sekitar 105 sampai dengan 210 ml untuk setiap kali menyusui. Jangan sampai kurang karena bayi butuh banyak nutrisi dan protein yang didapat dari susu maupun ASI.

4. Usia 6 Bulan

Untuk usia 6 bulan, jumlah takaran akan bertambah yaitu dari 210 sampai dengan 240 ml setiap kali menyusu. Pada usia ini bayi memang masih butuh banyak susu atau asi dalam satu harinya.

5. Usia Setelah Bayi Mulai MPASI

Ketika bayi sudah memulai mpasi sudah berbeda lagi takaran untuk susu nya. Untuk hal ini takaran susunya yaitu sekitar 600 ml. Hal ini dikarenakan bayi sudah mulai ada asupan makanan padatnya.

Rekomendasi Botol Susu Anti Kolik Untuk Bayi

Kolik merupakan hal umum yang terjadi pada setiap bayi. Kolik itu merupakan fase yang akan dialami sang bayi yang berumur kurang dari 3 sampai 6 minggu. Sama seperti dengan perut kembung yang membuat bayi menangis tidak terkendali karena rasa tidak nyaman di perut.

Anak mudah mengalami kolik karena belum bisa mengatur atau mengontrol daya hisap saat menyusu. Sehingga saat menyusu dengan terlalu cepat akan menyebabkan udara masuk berlebih saat proses menyusu. Untuk mengurangi hal itu terjadi, ada rekomendasi untuk botol susu anti kolik sebagai berikut:

1. Dr. Brown’s

Siapa yang tidak kenal dengan merk botol susu satu ini? Botol susu ini merupakan rekomendasi dari DSA U.S. Merk Dr. Brown’s ini merupakan botol susu anti kolik terbaik karena memiliki sistem ventilasi dalam anti kolik. Bentuk dot berupa wide neck yang dipilih untuk mengurangi resiko terjadinya bingung puting.

Pada leher botolnya besar dan dot didesain khusus menyerupai ukuran puting ibu, untuk memudahkan dan menyesuaikan bayi saat menyusu. Sehingga tidak merasa asing ketika sedang menyusu.

2. Pigeon

Pigeon. Merk yang sama terkenalnya dengan milik Dr. Brown’s. Merk ini paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Merk yang berasal dari Jepang ini banyak digunakan karena memang terbukti bagus serta dengan harga yang juga terjangkau. Pigeon ini memiliki botol khusus untuk anti kolik, dengan desain yang tidak jauh berbeda seperti punya Dr.Brown’s.

3. Tommee Tippee

Merk terakhir untuk rekomendasi botol susu anti kolik adalah Tommee Tippee. Botol susu ini memiliki varian yaitu menggunakan ventilasi/lubang udara yang di tengah botol memiliki fungsi khusus untuk anti kolik.

Keunggulan lain dari merk ini yaitu ventilasi/lubang udara memiliki sensor panas, nanti akan mengeluarkan warna ungu jika minuman terlalu panas. Dan berwarna biru jika sudah pada suhu ideal.

Jadi, itulah tadi seputar tentang takaran susu untuk bayi sesuai usia dan juga rekomendasi tempat botol susu anti kolik. Botol yang menjadi sasaran tepat untuk sang buah hati adalah dari merk Dr.Brown’s. Karena dot berukuran besar menyerupai puting ibu, botol juga tidak licin sehingga memberi kenyamanan untuk ibu dan juga bayi.


Posted

in

by