Membuat Air yang Layak Minum Dengan Mesin Reverse Osmosis

Mempunyai air yang bersih dan layak digunakan sangat penting bagi manusia. Namun seiring dengan berkurangnya sumber air bersih menyebabkan pasokan air menjadi berkurang. Tetapi, teknologi juga semakin berkembang sehingga muncul teknologi yang bisa membantu manusia untuk mendapatkan air yang bersih dan layak digunakan.

Reverse osmosis merupakan teknologi mutakhir yang diklaim sebagai alat penjernihan air terbaik. Alat ini bekerja dengan mengandalkan membran reverse osmosis untuk menyaring air agar terpisah dari zat kimia yang ada di dalamnya sehingga hanya menyisakan air murni saja. Alat ini biasanya diketahui berada di depot air minum. Namun tak jarang juga kini banyak rumah tangga yang menyadari pentingnya mesin ini.

Kegunaan Mesin Reverse Osmosis

Pentingnya air bersih membuat sebagian masyarakat mulai menggunakan mesin reverse osmosis. Mesin reverse osmosis ini ada dua tipe yaitu tipe industri dan tipe residential, hal tersebut dilihat dari kapasitas dari masing-masing mesin yang digunakan. Untuk ukuran rumah tangga tentu saja kapasitasnya jauh berbeda dengan mesin untuk kebutuhan industri.

Dilihat dari bentuknya, mesin reverse osmosis untuk rumah tangga memiliki bentuk yang lebih minimalis dan dapat dibongkar pasang dengan mudah. Kapasitas pengisian air yang dapat dilakukan oleh mesin ro rumah tangga hanya 7-15 gallon per day, disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga pada umumnya. Berbeda dengan untuk kebutuhan industri yang bisa mencapai ratusan gallon per day.

Dengan menggunakan alat ini, tidak perlu lagi melakukan pemurnian air dengan cara direbus. Karena dengan mesin reverse osmosis dapat melakukan pemurnian air dan menyaring bakteri serta bahan lain yang terkandung di dalam agar dapat memperoleh air yang layak minum dengan lebih praktis. Mengkonsumsi air yang demikian sangat baik bagi Kesehatan.

Cara Kerja Mesin Reverse Osmosis

Untuk menghasilkan air yang layak minum untuk keluarga menjadi mudah dengan adanya bantuan dari mesin reverse osmosis. Penggunanya dapat menghasilkan air yang lebih bersih dan sehat setelah air melalui proses penyaringan yang ada di dalam mesin tersebut. Berikut beberapa tahapan untuk menghasilkan air yang layak minum dengan menggunakan mesin reverse osmosis:

1. Penyaringan Dari Partikel Padat

Pada tahap pertama mesin reverse osmosis akan memisahkan air dari partikel-partikel padat yang tercampur di dalam air tersebut. Partikel padat seperti pasir, tanah dan partikel lain yang ikut terbawa oleh air akan dipisahkan pada tahap ini. Dengan demikian air akan langsung bersih dari kotoran.

2. Penyaringan Granular Carbon

Tahap kedua dari proses penyaringan ada di mesin ini adalah memisahkan air dari senyawa-senyawa organik, yang ada di dalam air yang menyebabkan air berubah warna, bau dan rasa. Selanjutnya air yang sudah di filter pada bagian ini akan di filter ulang dengan carbon filter. Tujuannya untuk memastikan senyawa-senyawa tadi sudah terfilter dengan benar.

3. Penyaringan Dengan Membran Reverse Osmosis

Tahap utama dari semua proses ini adalah penyaringan dengan membran reverse osmosis dengan ukuran pori yang sangat kecil. oleh karena itu air akan di filter sehingga hanya menyisakan air murni saja. Setelahnya maka air yang telah selesai di filter sudah layak diminum.

Sebagai kebutuhan pokok, air sangat penting bagi tubuh manusia. Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh akan membantu metabolisme tubuh tetap seimbang. Selain itu memenuhi kebutuhan air yang bersih dan sehat dengan bantuan mesin reverse osmosis ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

error: Content is protected !!