Ketahui Apa Itu Press Release dan Kegunaannya di Sini

Untuk menyebarkan informasi bisnis ke media nasional tidak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan jasa press release murah. Pasalnya, penggunaan press release serta jasa penyedianya cukup efektif untuk memberikan eksposur pada berita atau informasi yang ingin disampaikan. Lantas, apa itu press release?

Sebagai pemilik bisnis atau start up tentu penting untuk mengetahui apa itu press release. Ini dapat membantu bisnis, produk, maupun acara penting untuk lebih tersebar luaskan pada publik. Dalam ulasan ini, ketahui pengertian dan kegunaan dari press release selengkapnya:

Tentang Press Release

Press release atau yang juga kerap disebut dengan siaran pers kini cukup banyak dicari seiring semakin banyaknya usaha dan bisnis serta semakin berkembangnya pasar industri. Pada dasarnya, press release berbentuk berupa tulisan, berisikan tentang informasi yang ingin disebarkan ke publik.

Sebenarnya, press release merupakan salah satu pekerjaan yang menjadi tanggung jawab departemen humas atau hubungan masyarakat. Akan tetapi, perlu diakui bahwa menyebarluaskan press release, termasuk ke media-media nasional bisa memakan waktu dan biaya yang besar.

Inilah alasan mengapa tidak sedikit usaha/bisnis lebih memilih untuk menggunakan jasa press release saja. Penggunaan jasa press release, dapat menyebarkan informasi dengan efektif dan tentunya dalam bentuk artikel yang berkualitas tinggi.

Meskipun mencakup pekerjaan yang cukup banyak, beberapa jasa press release menawarkan harga yang cukup terjangkau untuk para pemula bisnis. Informasi selengkapnya bisa diakses di Siaranpers.co.id.

Kegunaan Press Release

Apakah press release hanya diperlukan untuk menyebarluaskan informasi saja? Tentu tidak. Ada banyak kegunaan lainnya dari press release, baik untuk press release dari jasa penyedia maupun tidak. Berikut ini ialah beberapa kegunaan press release yang wajib diketahui:

1. Branding

Bisnis tidak selalu tentang penjualan dan profit. Tentu saja semua usaha yang dicurahkan bermuara pada didapatkannya keuntungan, akan tetapi untuk mewujudkannya diperlukan pembangunan citra produk yang baik. Press release dapat digunakan untuk keperluan membangun citra produk ini.

Menerbitkan artikel tentang produk atau perusahaan akan membantu usaha atau bisnis dalam membangun brand awareness. Dengan demikian, akan semakin banyak masyarakat yang mengenal produk atau perusahaan tersebut.

2. Klarifikasi

Press release juga memiliki kegunaan untuk menyiarkan opini atau klarifikasi. Biasanya, kegunaan ini seringkali dimanfaatkan oleh tokoh-tokoh publik untuk menjaga citra atau sekadar membagikan pendapatnya ke publik.

3. Liputan Acara

Beberapa acara penting tidak jarang memerlukan publikasi yang cukup luas agar mendapatkan dampak. Press release menjadi salah satu cara untuk menyebarluaskan peliputan acara tersebut.

4. Syarat Verifikasi

Selain untuk keperluan membangun brand awareness dan membangun citra, press release kini juga menjadi syarat untuk verifikasi bisnis. Misalnya saja seperti syarat pengajuan usaha menjadi Shopee Mall dan pengajuan akun verified Instagram.

5. Promosi

Bukannya tidak diperbolehkan, press release juga bisa menyebarkan materi promosi terkait perusahaan atau produk tertentu. Meskipun memiliki materi promosi di dalamnya, umumnya press release akan tetap kaya akan materi informatif.

Itulah sedikit ulasan tentang apa itu press release beserta kegunaannya. Pastikan untuk mendapatkan jasa press release yang tepat agar publikasi efektif dan efisien.

 

error: Content is protected !!