Kenali 5 Fungsi Blok Mesin Mobil dan Cara Perawatannya

Mobil memiliki mesin yang terdiri dari berbagai jenis komponen dan salah satu komponen utama adalah blok mesin mobil yang sering disebut juga sebagai blok silinder. 

Komponen yang satu ini menjadi tempat sejumlah komponen untuk menjalankan fungsinya. Maka penting sekali untuk dirawat dengan baik agar komponen lain bekerja prima dan masa pakainya maksimal. 

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai komponen apa saja yang ada dalam blok mesin mobil dan juga fungsinya. Selain itu, Anda juga bisa dapatkan tips dan informasi seputar dunia otomotif lainnya lewat website www.otoklix.com.

Tentang Blok Mesin Mobil 

Blok mesin mobil pada dasarnya adalah komponen di dalam mesin mobil yang menjadi dudukan atau tempat sejumlah komponen mesin lain untuk menjalankan fungsinya. 

Salah satu komponen di dalam blok silinder ini adalah piston. Dimana blok silinder menjadi tempat piston untuk naik turun agar memaksimalkan proses pembakaran di dalam mesin. 

Tak hanya piston, blok silinder juga menjadi dudukan untuk komponen mesin jenis lainnya. Sehingga komponen ini menjadi inti atau memiliki peran krusial yang tentu perlu dirawat dengan baik. 

Sebab sekali rusak maka akan menyebabkan komponen lain ikut rusak karena tidak bisa menjalankan fungsinya dengan normal.  

Komponen Pada Blok Mesin Mobil

Adapun berbagai komponen di dalam blok silinder ini sendiri adalah sebagai berikut: 

1. Piston 

Komponen pertama sekaligus yang utama di dalam blok mesin mobil adalah piston. Piston ketika mesin mobil dinyalakan akan bergerak naik turun untuk menyalurkan atau mendukung proses pembakaran BBM. Piston yang aktif bergerak membutuhkan pelumas sehingga tidak mudah panas dan aus. 

2. Ring Piston 

Berikutnya di dalam blok silinder juga terdapat ring piston, dimana memiliki fungsi untuk merapatkan piston. Sehingga rembesan oli atau pelumas bisa dihindari dan memaksimalkan kinerja piston dalam memaksimalkan proses pembakaran BBM di dalam mesin mobil. 

3. Engine Mounting 

Di dalam blok mesin mobil juga terdapat komponen yang disebut engine mounting. Komponen ini memiliki fungsi menyangga dan mengunci rangka komponen blok silinder. Sehingga rangka di blok silinder ini tidak mudah lepas dan mendukung semua komponen di dalamnya berfungsi secara normal. 

4. Batang Piston 

Selanjutnya terdapat komponen batang piston, disebut juga dengan istilah connecting rod. Fungsinya sendiri adalah sebagai penggerak piston yang dipacu oleh poros engkol yang menjadi penghubung antara kepala piston dan batang piston tersebut. 

5. Water Jacket 

Tidak ketinggalan, di dalam blok silinder juga terdapat water jacket. Yaitu sebuah ruang khusus di dalam pendingin  mesin mobil yang berperan menurunkan suhu mesin yang kelewat tinggi saat dioperasikan. Komponen ini memiliki peran penting mencegah overheat mesin mobil. 

6. Saluran Minyak 

Komponen terakhir di dalam blok silinder adalah saluran minyak, lebih tepatnya adalah saluran oli mesin. Saluran ini memungkinkan seluruh komponen yang aktif bergerak seperti piston di dalam blok silinder mendapatkan lapisan pelumas maksimal. Sehingga tidak mudah aus dan panas. 

Fungsi Umum yang Dimiliki 

Disebut sebagai komponen mesin mobil inti, tentunya blok silinder memiliki beragam fungsi yang sangat krusial. Berikut adalah daftar fungsi yang dimaksudkan: 

1. Komponen yang Menggerakan Piston

Fungsi pertama adalah menjadi komponen yang menggerakan piston. Sebab blok silinder adalah tempat dimana komponen piston berada dan bisa bergerak naik turun. Piston di dalam blok silinder memungkinkan bergerak dengan normal dan terlindungi, apalagi di dalamnya ada saluran oli yang melindungi piston dari aus.   

2. Menghasilkan Energi Pembakaran 

Fungsi kedua adalah menghasilkan energi pembakaran, fungsi ini dimiliki blok silinder lantaran menjadi wadah bagi piston. Piston yang bergerak naik turun ketika mesin dinyalakan berperan dalam mendukung proses pembakaran BBM. Sehingga  blok silinder mampu membuat mesin bertenaga dan bisa melaju dari piston yang berfungsi dengan baik. 

3. Merupakan Wadah Mesin 

Sesuai penjelasan sebelumnya, bok mesin mobil memiliki fungsi sebagai wadah atau bisa disebut sebagai dudukan komponen mesin lainnya. Mulai dari komponen piston, kepala silinder, saluran minyak, dan lain sebagainya. Sehingga blok silinder ini bisa menampung dan melindungi semua komponen vital tersebut. 

4. Menjadi Tempat Rangka Mesin 

Jika diperhatikan, pernahkah mencari tahu nomor rangka mesin dicetak di komponen apa? Rupanya, nomor rangka mesin kendaraan roda empat dicetak di badan blok silinder. 

Alasannya adalah karena komponen ini tidak mudah rusak dan hanya diganti jika rusak parah. Misalnya akibat kecelakaan, sehingga daya tahan ini yang menjadikannya tempat ideal untuk mencetak rangka mesin kendaraan. 

5. Tempat Saluran Oli dan Pendingin 

Fungsi berikutnya dari blok silinder adalah menjadi tempat dimana saluran oli dan saluran pendingin mobil berada. Sebagai wadah bagi piston yang aktif bergerak naik turun dan bergesekan dengan komponen lainnya. 

Maka piston ini perlu diberi lapisan pelindung berupa cairan pelumas. Inilah alasan kenapa blok silinder menjadi tempat saluran oli. Selain itu, sistem pendingin juga ada di dalam blok silinder yang berperan dalam menstabilkan suhu mesin. 

Perawatan yang Sebaiknya Dilakukan 

Sebagai komponen inti yang menjadi tempat sejumlah komponen vital, maka sudah sewajarnya jika blok mesin mobil dirawat dengan baik. Perawatan ini biasanya perlu membongkar blok mesin kemudian dibersihkan. Sebaiknya diserahkan kepada montir ahli untuk memastikan prosesnya benar dan tidak beresiko merusak. 

Bukan hanya blok mesin mobil yang perlu dirawat, untuk menjaga mesin mobil tetap prima Anda juga perlu melakukan service maupun tune up berkala.  Untuk memastikan perawatan mobil yang Anda lakukan ditangani oleh ahlinya, Anda bisa pilih bengkel tune up mobil terdekat yang menjadi mitra Otoklix.


Posted

in

by

Tags: