Inilah Rincian Modal Usaha Sosis Bakar

Sosis bakar adalah makanan kekinian yang sekarang cukup digemari masyarakat dari berbagai kalangan terutama anak muda. Makanan ringan yang mudah dijumpai dan harganya terjangkau membuat makanan ini banyak diincar. Banyaknya peminat di kalangan anak muda menjadikan peluang bisnis sosis bakar semakin terbuka, khususnya pelaku bisnis pemula seperti anak muda. Selain menjadi makanan kekinian yang banyak digandrungi, bahan utama mudah dicari dan keuntungan yang lumayan membuat banyak orang ingin memulai usaha berbisnis sosis bakar.

Sebelum berpikir terlalu jauh mengenai usaha sosis bakar, terlebih dahulu hal yang harus dipikirkan adalah modal usaha sosis bakar dan keperluan yang diperlukan untuk memulai usaha sosis bakar. Berikut adalah rincian modal usaha sosis bakar:

Alat yang dibutuhkan untuk memulai usaha sosis bakar 

Gerobak

Gas

Pemanggang

Pisau

Sendok garpu

Piring

Kursi

Serbet

Bahan yang dibutuhkan untuk usaha sosis bakar

Sosis kecil

Sosis besar

Pembungkus

Saus tomat

Saus kecap

Saus sambal

Estimasi modal yang diperlukan untuk usaha sosis bakar 

Alat

  1. Gerobak                                                   800.000
  2. Pemanggang sosis 4 tungku                 815.000
  3. Pisau                                                           20.000
  4. Sendok 1 lusin                                           12.000
  5. garpu 1 lusin                                              12.000
  6. Piring plastik 1 lusin                                50.000
  7. Kursi 4 buah @39.000 x 4 000           156.000
  8. Serbet 2 buah                                            20.000
  9. Gas 3 kg 1 bulan @25.000                    100.000

Bahan

  1. Sosis kecil 30.000 x 30 = 900.000
  2. Sosis besar 30.000 x 30 = 900.000
  3. Pembungkus 150.000
  4. Saus tomat 10.000
  5. Saus kecap 10.000
  6. Saus sambal 10.000
  7. Tusuk sate 15.000

Biaya

  1. Biaya sewa 500.000
  2. Biaya operasional 400.000

Dari jumlah perhitungan estimasi di atas modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha sosis bakar adalah Rp. 4.880.000 atau bisa dibulatkan menjadi 5 juta. Namun estimasi yang digunakan disini tidak termasuk membayar karyawan. Estimasi harga ini berdasarkan harga umum yang ada di pasaran pulau jawa sehingga bisa jadi ada perbedaan harga dari daerah yang berbeda pula. Selain estimasi modal dan kebutuhan hal lain yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis sosis bakar adalah

Matangkan rencana 

Membuka usaha tidak bisa langsung eksekusi jualan namun juga harus memikirkan rencana-rencana untuk mempersiapkan penjualan dan untuk mengantisipasi adanya kegagalan. Rencana yang harus dimatangkan adalah apakah sudah yakin betul akan menjual sosis bakar dengan perhitungan untung rugi yang sudah dihitung sebelumnya, kemudian menyangkut operasional penjualan seperti listrik dan air. Untuk memudahkan perencanaan buat catatan di buku Anda dan list apa yang kurang atau apa yang harus dihilangkan agar lebih efisien.

Pemilihan lokasi 

Ini adalah hal yang paling penting dalam membuka bisnis makanan. Lokasi yang disewa merupakan kunci penjualan, lokasi menentukan kesuksesan ini seperti tingkat strategis lokasi, lokasi menentukan harga produk, lokasi strategis namun sulit dijangkau juga bisa mempengaruhi hasil penjualan. Pilihlah lokasi strategis yang mudah dilihat dan mempunyai akses yang baik. Jika lokasi strategis tapi akses menuju lokasi bisnismu terlalu macet atau banyak jalan berlubang juga mempengaruhi minat pembeli. Tentukan lokasi yang tepat menurut Anda dan mempunyai harga sewa yang pas dengan budget Anda. Lokasi yang strategis juga bisa ditentukan dari sasaran bisnis Anda, jika Anda mempunyai sasaran anak muda maka bisa saja memilih lokasi di sekitar kampus, area kos atau area taman. Jika sasaran Anda segala usia Anda bisa memilih di tempat seperti alun-alun kota, taman atau mall.

Promosi 

Bagian dari promosi seperti sosial media, spanduk, gerobak atau stand banner. Hal-hal yang menyangkut promosi bertujuan untuk mengundang calon pembeli. Promosi menggunakan sosial media banyak digunakan sekarang ini untuk memberi info yang lebih update dan tercepat, sedangkan promosi berupa banner atau spanduk berguna untuk menarik pembeli melalui pandangan dan mendapatkan kesan mengenai produk Anda. Biasanya promosi menggunakan banner dan spanduk sengaja dibuat dengan logo dan moto dengan ornamen yang membuat menarik seperti warna merah. Untuk promosi sosis bakar misalnya, bisa menggunakan ilustrasi sosis bakar dengan warna merah dan pedas. Selain dengan cara menarik mata, promosi juga dilakukan dengan memberikan bonus atau diskon pembelian produk contohnya ketika Anda menjual produk Anda ke jasa antar jemput online yang juga menyediakan jasa mengantar makanan, berikan diskon pada hari tertentu untuk menarik pembeli.

Jam operasional 

Jam operasional dalam menjual sosis bakar biasanya sore sampai malam hari. Jam operasional ini juga harus dipikirkan untuk mendapat pelanggan banyak pada jam tertentu. Menjual sosis bakar pada siang hari lebih beresiko daripada malam hari kebanyakan orang banyak yang ingin membeli camilan pada malam hari dibanding siang hari.

Managemen bisnis

Managemen bisnis juga meliputi karyawan, sebelum berjualan Anda juga harus memikirkan akan membayar karyawan untuk membantu Anda menjalankan bisnis atau langsung Anda turun tangan menjalankan bisnis. Menggunakan karyawan berarti harus memikirkan gaji perbulan untuk karyawan tersebut, namun jika Anda bisa menghandle bisnis Anda sendiri maka Anda yang harus mencatat pemasukan perhari, perbulan dan pertahun dalam buku Anda, selain itu pengeluaran per hari juga harus ditulis secara mendetail agar tidak ada kerugian.

Menjadi pelaku bisnis adalah impian banyak orang namun tak semua bisa menjalankan bisnis dengan tekun. Apalagi menghadapi up and down menjadi pebisnis dengan keuntungan yang bisa melampaui target atau kurang sekali dari target. Kebanyakan orang terlalu takut mengeluarkan modal khususnya anak muda yang ingin masuk dunia wirausaha. Namun jangan khawatir karena sekarang ini modal mudah di dapat karena BFI Finance bisa memberikanmu modal usaha, cukup dengan menggunakan BPKB motor atau BPKB mobil sebagai jaminan, pasti BFI Finance membantu usahamu pasti bisa terwujud. Sampai sini ulasan mengenai rincian modal usaha sosis bakar, semoga dapat membantu!

Referensi ide usaha yang diulas di atas terbilang mudah untuk Anda aplikasikan dikutif dari blog https://disetujui.id/. Untuk masalah modal usaha, cukup ajukan BPKB motor atau mobil Anda ke BFI untuk memperoleh modal usaha sosis bakar.

error: Content is protected !!