Inilah 5 Tips Trading Saham Bagi Pemula Agar Tidak Mudah Tertipu

Trading saham saat ini sedang menjadi trend di masyarakat. Terutama pada generasi Z yang memiliki informasi cepat dan selalu ingin mengikuti trend. Namun, melakukan trading saham tentu tidak bisa sembarangan karena kegiatan ini memiliki resiko tinggi jika hanya memiliki ilmu sekadarnya. Beberapa tips trading saham bisa dijadikan acuan bagi pemula. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Mempelajari Tentang Trading Saham

Tips trading saham yang pertama adalah mempelajari tentang trading itu sendiri. Sebagai pemula, tentu informasi dan ilmu yang dimiliki masih sedikit. Informasi tentang trading sudah bisa didapatkan melalui berbagai jenis media. Dengan pengetahuan tersebut tentu bisa mengurangi resiko kerugian besar bagi pemula atau melindungi dari penipuan yang mengatas namakan trading.

2. Bermain dengan Nominal yang Kecil

Sebagai pemula, sebaiknya lakukan trading dengan nominal yang kecil. Karena sebagai bentuk pembelajaran dan jika terjadi salah langkah tidak kehilangan banyak dana. Selain itu, memasukkan nominal yang kecil juga bisa dijadikan percobaan apakah trading merupakan bisnis yang cocok bagi seseorang. Apabila sudah memahami seluk beluknya, pemula bisa bermain dengan nominal yang lebih besar.

3. Pilih Broker atau Perusahaan Sekuritas yang Terpercaya

Tips yang ketiga adalah memilih broker atau perusahaan sekuritas yang terpercaya. Ini merupakan tips yang penting karena perusahaan sekuritas sangat rentan akan penipuan. Jika tidak berhati-hati, uang yang digunakan untuk trading bisa hilang begitu saja.

Bagaimanakah mengetahui broker atau perusahaan yang terpercaya? Untuk mengetahuinya, pemula perlu lihat apakah perusahaan tersebut terdaftar di OJK ataupun Bursa Efek Indonesia (BEI). Pemula dapat membuka website resmi kedua institusi tersebut untuk melihat perusahaan sekuritas yang terdaftar.

4. Mempelajari Teknik Analisa Trading Saham

Tips selanjutnya adalah mempelajari teknik analisa trading. Analisa ini merupakan hal yang perlu dipelajari bagi trader pemula, karena teknik inilah nantinya yang akan digunakan untuk mengetahui waktu membeli atau menjual saham serta jenis saham yang bagus untuk dibeli.

Terdapat 2 teknik analisa yang bisa digunakan dalam trading saham. Pertama, terdapat analisa fundamental yang berfungsi untuk menganalisa kondisi perusahaan serta ekonomi suatu negara. Dan yang kedua, adalah analisa teknikal. Analisis ini digunakan untuk melihat grafik pergerakan saham yang nantinya akan dijadikan acuan kapan waktu untuk menjual atau membeli saham.

5. Membeli Saham Perusahaan yang Aman

Dan tips terakhir dalam trading saham adalah membeli saham perusahaan yang aman.  Maksud dari kata  perusahaan “aman” adalah perusahaan yang sudah berjalan kegiatannya serta memiliki sifat yang sustainable (berkelanjutan). Pembelian jenis saham seperti ini cocok bagi pemula karena memiliki resiko yang lebih rendah dibandingkan perusahaan baru dan belum dikenal.

Itulah 5 tips trading saham yang dapat menjadi acuan bagi pemula. Trading saham tentu memiliki resiko, namun dengan tips diatas dapat meminimalisir resiko tersebut. Kemungkinan scam atau penipuan tentang profit yang tinggi juga dapat dikurangi dengan pengetahuan yang luas. Maka dari itu, kunjungi website sickforprofit.com untuk mendapatkan informasi terupdate tentang dunia trading.

error: Content is protected !!