Ini Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci Sudah Tahu

Kejadian alarm mobil tidak bunyi saat dikunci tentu sering dialami oleh para pemilik kendaraan satu ini. Alarm sendiri merupakan salah satu aksesoris mobil yang terbilang penting, apalagi di zaman seperti ini. Bunyi pada alarm mobil sendiri menjadi tanda bahwa kendaraannya telah terkunci atau belum, maka dengan begitu pemiliknya bisa aman meninggalkannya.

Namun, jika alarm tidak berbunyi pemiliknya tentu sulit untuk mengetahui apakah mobilnya tersebut sudah terkunci atau belum. Ketika hal itu terjadi, pemiliknya tentu akan merasa was-was dan khawatir ketika akan meninggalkannya di parkiran umum. Jika mengalami hal tersebut, pemiliknya perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab alarm mobil tidak berbunyi sebagaimana berikut:

1. Baterai Habis

Penyebab paling sering dialami oleh para pemilik kendaraan adalah lupa mengganti baterainya. Seiring dengan meningkatnya penggunaan remote kontrol atau alarm, baterai juga menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan. Jika remotenya kehabisan baterai, pemiliknya harus menutup dan membuka kunci mobil secara manual.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah, pemiliknya harus mengingat tanggal kapan terakhir kali mengganti baterai. Atau bisa juga dilakukan konsultasi dengan mekanis yang sudah terpercaya agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Dengan begitu, tidak perlu khawatir meninggalkan mobil di parkiran umum.

2. Alarm dalam Mode Valet

Penyebab lain seperti yang dijelaskan pada situs mobilku, pemiliknya mungkin lupa menggunakan mode valet pada alarmnya. Hal itu tentu membuat alarmnya tidak memberikan tanda atau sinyal berbentuk suara jika telah menguncinya.

Untuk itu, penggunanya perlu mengetahui bagaimana cara dari mengembalikan pengaturan tersebut ke mode biasa. Misalnya saja seperti membuka pintu bagian kemudi mobil dan menekan logo gembok pada remotenya. Setelah itu titik alarm biasanya akan kembali berbunyi, jika itu terjadi maka tandanya sudah kembali ke mode normal.

3. Sistem Alarm Mengalami Kerusakan

Kerusakan yang dimaksud pada bagian ini mungkin saja terjadi pada modul sirine di alarmnya. Maka dari itu, alarm tidak berhasil mengeluarkan suara untuk memberitahu pemiliknya apakah mobil sudah terkunci atau belum.

Solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah dengan mengganti komponen modul sirine. Ada baiknya, sebelum mengambil tindakan penggantian komponen, pemiliknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak yang mengerti. Beberapa pertanyaan bisa diberikan tentang mengapa alarm mobil tidak bunyi saat dikunci dan bagaimana bisa modulnya rusak.

4. Pintu Mobil Masih Terbuka

Ini sebenarnya salah satu kelalaian penggunanya, sering sekali kejadian lupa menutup pintu hingga rapat. Kejadian ini juga membuat alarm mobil tidak mengeluarkan bunyi ketika ditekan. Hal ini tentu akan mengundang bahaya lain jika mobilnya tidak rapat ketika ditutup.

Kondisi ini juga sering menimbulkan kepanikan, karena pemiliknya sudah mengecek semua bagian mobilnya tapi hasilnya nihil. Maka dari itu, pemiliknya bisa selalu mengecek bagian-bagian mobilnya terlebih dahulu siapa tahu ada yang tidak tertutup rapat.

Memiliki sebuah kendaraan tentu memerlukan perhatian lebih seperti menggunakan remote control untuk menambah keamanannya. Perhatikan juga beberapa penyebab lain dan cara memperbaiki alarm mobil tidak bunyi saat dikunci agar mobil bisa berfungsi dengan baik.

error: Content is protected !!