Globalisasi dan Dampaknya

Pengertian Globalisasi

Globalisasi merupakan sebuah proses bersatunya bangsa-bangsa di dunia dalamsistem global yang melintasi batas-batas negara. Globalisasi banyak didukungoleh kemajuan teknologi terutama di bidang komunikasi dan transportasi.Globalisasi menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat.

Tanda-tanda globalisasi sebagai berikut:

  1. Batas antarnegara semakin sempit.
  2. Informasi mudah menyebar.
  3. Perdagangan bebas semakin luas.

Indonesia belum mempunyai peran yang besar dalam proses mendunia. Indonesiamasih harus mempersiapkan diri menghadapi globalisasi. Tenaga kerja Indonesiamasih kalah bersaing. Sumber daya alam masih dieksploitasi oleh perusahaanasing.

Dampak Globalisasi

Dampak positif globalisasi sebagai berikut:

  1. Masyarakat semakin maju.
  2. Semangat kerja meningkat.
  3. Ruang sosial semakin terbuka.
  4. Pertukaran budaya.
  5. Pasar semakin luas.

Dampak negatif globalisasi sebagai berikut:

  1. Membanjirnya produk luar negeri.
  2. Ketergantungan terhadap negara maju.
  3. Lapangan kerja semakin sempit.
  4. Kerusakan lingkungan hidup.
  5. Nilai-nilai sosial dalam masyarakat semakin luntur.

Kegiatan Ekspor-Impor

Ekspor merupakan kegiatan pengiriman barang dan jasa dari wilayah Indonesiake wilayah negara lain. Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan eskpor adalah produsen eksportir,pedagang ekspor, dan wisma dagang. Komoditas ekspor Indonesia terdiri atas migas dan nonmigas. Produk nonmigasberasal dari kegiatan pertanian, pertambangan, kehutanan, industri, dan jasa.

Impor merupakan kegiatan memasukkan barang dan jasa dari negara lain kewilayah Indonesia. Pelaku impor terdiri atas importir umum, importir terbatas, dan importir produsen. Komoditas impor Indonesia terbagi atas barang modal, bahan baku, dan barangkonsumsi, dan minyak bumi. Manfaat kegiatan ekspor impor antara lain mendapatkan barang dan jasa yangtidak bisa diproduksi sendiri, memperluas pasar, menambah devisa, menambahlapangan kerja, dan memperoleh teknologi.

error: Content is protected !!