5 Cara Agar Jaringan Tidak Lemot di Ponsel

Jaringan ponsel lemot? Tenang, cara agar jaringan tidak lemot bisa dilakukan dengan langkah yang cukup sederhana. Semuanya bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan di luar ponsel. Informasi seputar teknologi, bisa pengguna akses melalui situs biggu.com.

Jaringan internet pada ponsel tentu saja menjadi hal yang sangat diperlukan oleh pengguna smartphone. Terlebih di era digital yang begitu pesat dan cepat seperti sekarang. Jika jaringan bermasalah, maka fungsi ponsel pun seperti akan terganggu, bahkan ponsel tidak cukup menarik untuk digunakan. Maka 5 cara untuk memulihkan jaringan lemot berikut bisa dijadikan solusi.

1. Nonaktifkanlah Ponsel

Langkah pertama yang dilakukan untuk melakukan penanggulangan jaringan yang lemot adalah dengan menonaktifkan ponsel. Ini berguna untuk memulihkan sistem yang mungkin terjadi kesalahan. Selain itu, jaringan yang sebelumnya tidak baik juga bisa dipulihkan dengan cara ini.

Meski tidak semua kesalahan jaringan bisa diatasi dengan hanya menonaktifkan ponsel, tidak ada salahnya untuk mencoba. Jika hanya kesalahan ringan, biasanya cara ini cukup efektif dilakukan.

2. Periksalah Kuota Data Internet

Jika menonaktifkan ponsel tidak memberikan pengaruh apapun, jangan risau dahulu. Cobalah untuk mengecek kuota internet. Karena jaringan sekuat apapun, jika data internet sudah habis maka akan memberikan kinerja buruk saat mengakses hal-hal yang berkaitan dengan dunia maya.

Mungkin ini terdengar biasa, tapi siapa sangka jika hal ini justru yang sering terjadi. Daripada melakukan hal yang lebih jauh, ada baiknya pengguna untuk mengecek terlebih dahulu data internetnya.

3. Jangan Lupa untuk Memeriksa Jaringan Internet

Selain memeriksa data internet, pengguna juga diperlukan mengecek jaringan dari internet itu sendiri. Bisa dengan mengetes kecepatan dari internet dengan situs tertentu. Bisa juga dengan mengecek jaringan yang ada, karena jaringan di bawah 3G akan memberikan kinerja akses internet yang cenderung lambat dibanding versi atasnya.

4. Bersihkanlah Sampah Aplikasi yang Ada pada Ponsel

Bila ketiga langkah di atas sudah dilakukan, tapi masih mendapatkan kesalahan yang sama, mungkin saja ponselnya penuh untuk melakukan pemrosesan data. Maka penting untuk rajin membersihkan sampah aplikasi pada ponsel. Karena ponsel yang penuh akan menyulitkan kinerja dari data yang diproses.

5. Cabutlah Kartu SIM jika Diperlukan

Mencabut kartu SIM juga bisa menjadi salah satu cara agar jaringan tidak lemot. Karena bisa jadi posisi SIM yang tidak tepat sangat mempengaruhi jaringan yang dihasilkan. Cabutlah SIM itu jika diperlukan dan letakan kembali pada posisi yang benar.

Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan jaringan. 5 cara agar jaringan tidak lemot di atas bisa menjadi referensi untuk mengatasi masalah jaringan yang lelet. Jangan pernah ragu untuk menghubungi call center provider yang digunakan jika jaringan masih bermasalah selama kurun waktu yang cukup lama.

 

 

 

error: Content is protected !!