5 Tips Memilih AC Untuk Ruangan yang Luas dan Besar

Banyak orang yang ragu untuk menggunakan AC pada ruangan yang luas dan besar. Karena khawatir biaya listrik AC akan sangat tinggi. Padahal, ada banyak AC terbaik yang ideal penggunaannya untuk ruangan yang besar dan luas.

Hal yang paling penting hanyalah para pemilik yang harus pintar-pintar dalam memilih dan menyesuaikannya dengan kebutuhan ruangan.  Berikut adalah beberapa tips sederhana yang mungkin dapat membantu pemilihan AC untuk ruangan yang besar dan luas.

1. Pilih AC dengan Ukuran di Atas 1 PK

Jika ruangan yang ingin dipasangi AC luasnya lebih dari 15 meter persegi. Sudah pasti, AC dengan ukuran di bawah 1 PK tidak akan sanggup mendinginkan seluruh ruangan. Karena itu, para pemilik lebih disarankan untuk memilih AC dengan ukuran di atas 1 PK.

Namun, ada baiknya untuk mengukur luas ruangan secara pasti terlebih dahulu. Jika ruangan luasnya lebih dari 20 meter persegi. AC dengan ukuran 2 PK mungkin akan lebih ideal mungkin juga dibutuhkan lebih dari 1 unit AC.

2. Pilih Sistem Split dan Multi Split

Jika ada kemungkinan para pemilik akan menggunakan lebih dari satu unit AC dalam satu ruangan, lebih baik untuk menggunakan AC multi split. Dengan sistem ini, memungkinkan beberapa unit AC Multi S memiliki satu unit outdoor saja jadi lebih mudah untuk diatur.

Kemudian dengan AC Split, suhu ruangan bisa dingin dengan lebih maksimal. Karena perangkat ini sudah diatur agar membuat kondisi suhu di dalam ruangan lebih dingin dari pada lingkungan sekitarnya.

3. Pilih Jenis yang Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Penggunaan AC dalam jumlah banyak dan ukuran yang besar terbilang kurang ramah bagi lingkungan. Selain itu, banyak energi yang harus dikeluarkan dan membuat biaya listrik menjadi lebih mahal. Karena itu, lebih ideal untuk memilih AC ramah lingkungan.

AC yang ramah lingkungan biasanya didesain juga sebagai AC hemat energi. Hal ini agar meminimalisir penggunaan energi dan limbahnya yang keluar dan berdampak pada lingkungan. Karena itu biayanya akan lebih murah walaupun digunakan dalam jumlah banyak.

Lebih ideal jika para pemilik menggunakan AC dengan teknologi AC inverter. Karena sistem ini memiliki sistem untuk mendinginkan ruangan dengan energi lebih sedikit.

4. Pilih Merk yang Tepat

Beberapa merk AC memiliki spesialisasi dalam menyediakan AC untuk ruangan yang luas dan besar. Karena itu, lebih baik memilih merk AC yang memilih spesialisasi tersebut, tidak disarankan untuk memilih AC yang tujuan untuk rumahan dan ruang yang relatif sedang.

Itulah berbagai tips sederhana untuk memilih AC dengan ukuran ruangan yang besar dan luas. Jangan sampai sembarangan dalam memilih AC untuk ruangan besar, karena dinginnya bisa tidak maksimal dan boros biaya.

 

error: Content is protected !!